Senin, 25 April 2022

 

3.1.a.7. Demontrasi Kontekstual - Pengambilan Keputusan sebagai pemimpin pembelajaran

Disusun oleh :

 Eva Natalia

CGP Angkatan 4 Kab. Deli Serdang

  • Bagaimana Anda nanti akan mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang Anda dapatkan di program guru penggerak ini di sekolah/lingkungan asal Anda?

Kegiatan mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang saya dapatkan dalam program guru penggerak akan dilakukan dengan berkomunikasi dengan kepala sekolah sebagai pemegang kebijakan di sekolah. Saya juga akan melakukan pengimbasan kepada rekan sejawat melalui wawancara, praktik langsung, dan berdiskusi tentang praktik baik pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran, budaya positif, praktik coaching, dan juga pembelajaran berdiferensiasi serta pembelajaran sosial dan emosional. Saya juga akan berkolaborasi dengan rekan sejawat yang tergabung dalam komunitas praktisi yang ada di sekolah. Pengetahuan yang saya dapatkan dalam program guru penggerak akan saya terapkan dalam pembelajaran di kelas, kegiatan-kegiatan sekolah dan lingkungan tempat tinggal saya dalam menghadapi situasi dilema etika maupun bujukan moral.

  • Apa langkah-langkah awal yang akan Anda lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran?
  • Pertama, saya akan menganalisis situasi kasus yang sedang terjadi,  kemudian  saya menentukan paradigma dilema etika apa yang akan digunakan dalam menyelesaikan situasi tersebut, apakah individu lawan masyarakat, kebenaran lawan kesetiaan, keadilan lawan rasa kasihan, atau jangka pendek lawan jangka panjang.
  • Kedua, berdasarkan paradigma tersebut, saya akan memilih prinsip yang akan saya gunakan dalam pengambilan keputusan, apakah prinsip berpikir berbasis hasil akhir end based thinking), berpikir berbasis peraturan role based thinking), ataukah berpikir berbasis rasa peduli care based thinking).
  • Ketiga, berdasarkan paradigma dan prinsip dilema etika yang dipilih dalam situasi yang dihadapi, saya akan melakukan pengambilan dan pengujian keputusan dengan menerapkan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan.

 

  • Mulai kapan Anda akan menerapkan langkah-langkah tersebut, hari ini, besok, minggu depan, hari apa? Catat rencana Anda, sehingga Anda tidak lupa.

Sebagai guru yang ingin memperbaiki kualitas pembelajaran dan meningkatkan kompetensi diri, saya akan menerapkan langkah-langkah tersebut mulai saat ini. Saya juga akan konsisten melaksanakannya mulai saat dan seterusnya sampai saya lancar dan terbiasa melakukan pengambilan keputusan berdasarkan 4 paradigma dilema etika, 3 prinsip penyelesaian dilema, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan.

  • Siapa yang akan menjadi pendamping Anda, dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran? Seseorang yang akan menjadi teman diskusi Anda untuk menentukan apakah langkah-langkah yang Anda ambil telah tepat dan efektif.

Dalam menerapkan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran, saya akan meminta petunjuk kepala sekolah sebagai pendamping dan sebagai pemegang kebijakan di sekolah. Saya juga akan berdiskusi dan berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam menghadapi situasi dilema. Dengan melibatkan kepala sekolah, rekan-rekan sejawat,murid, dan orang tua murid saya akan mengetahui apakah langkah-langkah yang saya ambil sudah tepat dan efektif berdasarkan 4 paradigma dilema etika, 3 prinsip penyelesaian dilema, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Saya akan melakukan refleksi atas pengambilan keputusan yang telah diambil dan meminta umpan balik kepada pihak-pihak yang terlibat dalam situasi dilema tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  3.1.a.7. Demontrasi Kontekstual - Pengambilan Keputusan sebagai pemimpin pembelajaran Disusun oleh :   Eva Natalia CGP Angkatan 4 Ka...