3.1.a.7. Demontrasi Kontekstual - Pengambilan
Keputusan sebagai pemimpin pembelajaran
Disusun oleh :
Eva Natalia
CGP Angkatan 4 Kab. Deli Serdang
- Bagaimana Anda nanti akan mentransfer dan
menerapkan pengetahuan yang Anda dapatkan di program guru penggerak ini di
sekolah/lingkungan asal Anda?
Kegiatan mentransfer
dan menerapkan pengetahuan yang saya dapatkan dalam program guru penggerak akan
dilakukan dengan berkomunikasi dengan kepala sekolah sebagai pemegang kebijakan
di sekolah. Saya juga akan melakukan pengimbasan kepada rekan sejawat melalui
wawancara, praktik langsung, dan berdiskusi tentang praktik baik pengambilan
keputusan sebagai pemimpin pembelajaran, budaya positif, praktik coaching, dan
juga pembelajaran berdiferensiasi serta pembelajaran sosial dan emosional. Saya
juga akan berkolaborasi dengan rekan sejawat yang tergabung dalam komunitas
praktisi yang ada di sekolah. Pengetahuan yang saya dapatkan dalam program guru
penggerak akan saya terapkan dalam pembelajaran di kelas, kegiatan-kegiatan
sekolah dan lingkungan tempat tinggal saya dalam menghadapi situasi dilema
etika maupun bujukan moral.
- Apa
langkah-langkah awal yang akan Anda lakukan untuk memulai mengambil
keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran?
- Pertama, saya akan menganalisis situasi kasus yang sedang
terjadi, kemudian saya menentukan paradigma dilema etika
apa yang akan digunakan dalam menyelesaikan situasi tersebut, apakah
individu lawan masyarakat, kebenaran lawan kesetiaan, keadilan lawan rasa
kasihan, atau jangka pendek lawan jangka panjang.
- Kedua, berdasarkan paradigma tersebut, saya akan memilih
prinsip yang akan saya gunakan dalam pengambilan keputusan, apakah prinsip
berpikir berbasis hasil akhir ⟮end based thinking), berpikir berbasis peraturan ⟮role based thinking), ataukah
berpikir berbasis rasa peduli ⟮care based thinking).
- Ketiga, berdasarkan paradigma dan prinsip dilema etika yang
dipilih dalam situasi yang dihadapi, saya akan melakukan pengambilan dan
pengujian keputusan dengan menerapkan 9 langkah pengambilan dan pengujian
keputusan.
- Mulai
kapan Anda akan menerapkan langkah-langkah tersebut, hari ini, besok,
minggu depan, hari apa? Catat rencana Anda, sehingga Anda tidak lupa.
Sebagai guru yang ingin memperbaiki kualitas
pembelajaran dan meningkatkan kompetensi diri, saya akan menerapkan
langkah-langkah tersebut mulai saat ini. Saya juga akan konsisten
melaksanakannya mulai saat dan seterusnya sampai saya lancar dan terbiasa
melakukan pengambilan keputusan berdasarkan 4 paradigma dilema etika, 3 prinsip
penyelesaian dilema, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan.
- Siapa
yang akan menjadi pendamping Anda, dalam menjalankan pengambilan keputusan
sebagai pemimpin pembelajaran? Seseorang yang akan menjadi teman diskusi
Anda untuk menentukan apakah langkah-langkah yang Anda ambil telah tepat
dan efektif.
Dalam menerapkan pengambilan keputusan sebagai
pemimpin pembelajaran, saya akan meminta petunjuk kepala sekolah sebagai
pendamping dan sebagai pemegang kebijakan di sekolah. Saya juga akan berdiskusi
dan berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam menghadapi situasi dilema. Dengan
melibatkan kepala sekolah, rekan-rekan sejawat,murid, dan orang tua murid saya
akan mengetahui apakah langkah-langkah yang saya ambil sudah tepat dan efektif
berdasarkan 4 paradigma dilema etika, 3 prinsip penyelesaian dilema, dan 9
langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Saya akan melakukan refleksi atas
pengambilan keputusan yang telah diambil dan meminta umpan balik kepada
pihak-pihak yang terlibat dalam situasi dilema tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar