Sabtu, 13 Juni 2020

RPP tema 7 semester II kelas IV SD






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan          :  SDN 101878 Kanan I
Kelas / Semester              :  IV / 2
Tema 7                             :  Indahnya Keragaman di Negeriku
Sub Tema 1                      :  Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku
Pembelajaran                  :  1
Alokasi Waktu                 :  1 Hari

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.7 Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
4.7 Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri. 
Indikator :
§  Menemukan informasi tentang suku bangsa di Indonesia.
§  Menyebutkan informasi baru mengenai suku bangsa di Indonesia.
§  Menuliskan kata sulit dalam bacaan dan mampu menjelaskan artinya dengan tepat.
§  Menjelaskan dan menuliskan pokok pikiran setiap paragraf dalam bacaan dengan benar. 
IPA
3.3 Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
4.3 Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
Indikator :
§  Menjelaskan pengertian gaya.
§  Menjelaskan pengertian gaya otot dan pengaruhnya terhadap benda.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Setelah mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu menemukan informasi tentang suku bangsa di Indonesia dengan benar.
  • Setelah membaca teks, siswa mampu menyebutkan informasi baru mengenai suku bangsa di Indonesia dengan tepat.
  • Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan kata sulit dalam bacaan dan mampu menjelaskan artinya dengan tepat.
  •  Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan dan menuliskan pokok pikiran setiap paragraf dalam bacaan dengan benar
  • Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan pengertian gaya dengan tepat.
  • Setelah melakukan pengamatan dan diskusi, siswa mampu menjelaskan pengertian gaya otot dan pengaruhnya terhadap benda dengan tepat.
D.     MATERI PEMBELAJARAN
§  Menemukan informasi tentang suku bangsa yang ada di Indonesia.
§  Menuliskan kata sulit dalam bentuk tabel dan dapat memahami artinya.
§  Menyebutkan pokok pikiran dalam setiap paragraf dalam teks bacaan.
§  Menjelaskan pengaruh gaya terhadap benda.
§  Menentukan macam-macam gaya.
§  Menemukan informasi baru dalam teks.

E.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan        : Saintifik
¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Keragaman di Negeriku”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
§  Siswa membaca teks dan mengamati gambar pada buku siswa sebagai pembuka kegiatan pembelajaran.
§  Guru menunjuk beberapa siswa untuk menjawab pertanyaan pada Buku Siswa.
§  Siswa menjawab pertanyaaan tersebut untuk menstimulus rasa ingin tahu siswa tentang topik yang akan dipelajari.
§  Siswa membaca teks tentang suku bangsa yang ada di Indonesia.
§  Siswa membuat daftar kata sulit dari teks bacaan, selanjutnya mencari artinya dari Kamus Besar Bahasa Indonesia lalu menuliskan dalam buku catatannya.
Contoh:
§  Slogan artinya kalimat pendek yang menarik dan mudah diingat.
§  Sensus penduduk adalah penghitungan jumlah penduduk dalam jangka waktu tertentu oleh pemerintah.
§  Adat artinya aturan atau kebiasaan yang telah dilakukan sejak dahulu.
§  Siswa berdiskusi kelompok untuk melengkapi tabel kata-kata sulit dan artinya dari teks bacaan pada Buku Siswa. Hasil pekerjaan ini dapat digunakan untuk bahan tanya jawab antarsiswa.
§  Siswa berdiskusi untuk menemukan pokok pikiran setiap paragraf dalam bacaan.
§  Guru menunjuk beberapa siswa untuk membacakan hasil diskusi kelompok mereka.
§  Hasil yang diharapkan:
§  Sikap cermat dan teliti siswa pada saat membaca teks bacaan.
§  Pengetahuan tentang suku bangsa yang ada di Indonesia.
§  Keterampilan siswa dalam menuliskan dan menceritakan informasi baru yang mereka temukan dari teks bacaan.
Catatan:
§  Kegiatan ini digunakan untuk memahamkan kepada siswa tentang KD Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7)
§  Siswa mengamati gambar beberapa alat transportasi tradisional menggunakan tenaga hewan dari berbagai daerah di Indonesia.
§  Siswa menceritakan alat transportasi tradisional yang pernah ditemui, baik di daerahnya sendiri maupun dari daerah lain.
§  Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa. Jawaban yang diharapkan adalah: saat kuda atau kerbau menarik bendi atau pedati, maka bendi atau pedati akan bergerak (berpindah tempat).
§  Siswa melakukan percobaan gaya pada benda-benda di sekitarnya.
§  Siswa menuliskan hasil percobaan dalam tabel pengamatan.
§  Catatan: Gaya dapat menyebabkan benda berpindah tempat. Gaya juga dapat menyebabkan perubahan bentuk benda.
§  Siswa menuliskan bentuk-bentuk gaya yang telah dilakukan atau dilihat, lalu membacakannya di depan kelas.
§  Siswa mengamati gambar pada Buku Siswa, lalu menentukan macam gaya yang bekerja beserta pengaruhnya terhadap benda.
§  Jawaban yang diharapkan adalah sebagai berikut.
-   Mobil pada gambar dapat bergerak karena didorong menggunakan kekuatan otot.
-   Lampu dapat menyala karena ada aliran listrik.
-   Jarum dapat menempel karena tarikan gaya magnet.
-   Buah jatuh dari pohon karena tarikan dari bumi.
-   Lemari mudah digeser dengan bantuan keset/kain yang diletakkan di bawah lemari.

§  Siswa mengamati gambar-gambar kegiatan yang menggunakan gaya otot. Selanjutnya siswa menjelaskan pengertian gaya otot dan pengaruh gaya otot terhadap benda.
§  Siswa membaca teks tentang seni gerabah di Indonesia.
§  Dengan berdiskusi kelompok, siswa mampu menuliskan informasiinformasi baru dalam teks. Siswa menuliskan dengan ejaan yang tepat dan penggunaan tanda baca yang benar. Hasil yang diharapkan:
-       Sikap percaya diri siswa ketika melakukan percobaan gaya dan saat berdiskusi.
-       Pengetahuan dan keterampilan siswa dalam membuat kesimpulan tentang pengertian gaya dan pengaruhnya terhadap benda.
Catatan:
§  Kegiatan ini digunakan untuk memahamkan kepada siswa tentang KD IPA (3.3 dan 4.3) dan KD bahasa indonesia (3.7 dan 4.7). Hasil kegiatan dapat digunakan sebagai data bagi guru dan siswa untuk melihat keberhasilan pembelajaran dan tidak harus masuk dalam buku nilai siswa .
150 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit

G.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Tema : Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).

Mengetahui,
Ka. UPT Satuan Pendidikan Formal SDN
01878



(Roma Putra, M.Pd)
NIP : 19811221 201101 1 008

Guru Kelas IVB






(Eva Natalia, S.Pd)
NIP : 198812182011012004

LAMPIRAN
H.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanan Tingkah Laku
Teliti
Cermat
Percaya Diri
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
……………












2
…………….












3
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4
• Menuliskan kata sulit dan pokok pikiran dalam setiap paragraf teks
bacaan.
Bentuk Penilaian: Nontes
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD Bahasa Indonesia 3.7 dan 4.7
• Melakukan pengamatan dan berdiskusi tentang macam-macam gaya dan
pengaruhnya terhadap benda.
Bentuk Penilaian: Kinerja
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD IPA 3.3 dan 4.3. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  3.1.a.7. Demontrasi Kontekstual - Pengambilan Keputusan sebagai pemimpin pembelajaran Disusun oleh :   Eva Natalia CGP Angkatan 4 Ka...