RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN 101878 Kanan I
Kelas /
Semester : IV / 2
Tema 7 : Indahnya Keragaman di Negeriku
Sub Tema 1 : Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 :Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.7 Menggali
pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
4.7
Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa
sendiri.
Indikator :
§ Menemukan informasi tentang suku bangsa
di Indonesia.
§ Menyebutkan informasi baru mengenai suku
bangsa di Indonesia.
§ Menuliskan kata sulit dalam bacaan dan
mampu menjelaskan artinya dengan tepat.
§ Menjelaskan dan menuliskan pokok pikiran
setiap paragraf dalam bacaan dengan benar.
IPA
3.3 Mengidentifikasi macam-macam gaya,
antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya
gesekan.
4.3 Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam
kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya
gravitasi, dan gaya gesekan.
Indikator :
§ Menjelaskan pengertian gaya.
§
Menjelaskan
pengertian gaya otot dan pengaruhnya terhadap benda.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
- Setelah mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu menemukan informasi tentang suku bangsa di Indonesia dengan benar.
- Setelah membaca teks, siswa mampu menyebutkan informasi baru mengenai suku bangsa di Indonesia dengan tepat.
- Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan kata sulit dalam bacaan dan mampu menjelaskan artinya dengan tepat.
- Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan dan menuliskan pokok pikiran setiap paragraf dalam bacaan dengan benar
- Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan pengertian gaya dengan tepat.
- Setelah melakukan pengamatan dan diskusi, siswa mampu menjelaskan pengertian gaya otot dan pengaruhnya terhadap benda dengan tepat.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
§ Menemukan informasi
tentang suku bangsa yang ada di Indonesia.
§ Menuliskan kata sulit
dalam bentuk tabel dan dapat memahami artinya.
§ Menyebutkan pokok
pikiran dalam setiap paragraf dalam teks bacaan.
§ Menjelaskan pengaruh
gaya terhadap benda.
§ Menentukan macam-macam
gaya.
§ Menemukan informasi baru
dalam teks.
E. METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan :
Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
§
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
§
Menginformasikan
tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang
”Indahnya Keragaman di Negeriku”.
§
Guru
menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa membaca teks dan mengamati gambar pada buku siswa sebagai pembuka
kegiatan pembelajaran.
§
Guru menunjuk beberapa siswa untuk menjawab pertanyaan pada Buku Siswa.
§
Siswa menjawab pertanyaaan tersebut untuk menstimulus rasa ingin tahu
siswa tentang topik yang akan dipelajari.
§
Siswa membaca teks tentang suku bangsa yang ada di
Indonesia.
§
Siswa membuat daftar kata sulit dari teks bacaan,
selanjutnya mencari artinya dari Kamus Besar Bahasa Indonesia lalu menuliskan
dalam buku catatannya.
Contoh:
§
Slogan artinya kalimat pendek yang menarik dan mudah
diingat.
§
Sensus penduduk adalah penghitungan jumlah penduduk dalam
jangka waktu tertentu oleh pemerintah.
§
Adat artinya aturan atau kebiasaan yang telah dilakukan
sejak dahulu.
§
Siswa berdiskusi kelompok untuk melengkapi tabel kata-kata
sulit dan artinya dari teks bacaan pada Buku Siswa. Hasil pekerjaan ini dapat
digunakan untuk bahan tanya jawab antarsiswa.
§
Siswa berdiskusi untuk menemukan pokok pikiran setiap
paragraf dalam bacaan.
§
Guru menunjuk beberapa siswa untuk membacakan hasil diskusi
kelompok mereka.
§
Hasil yang diharapkan:
§
Sikap cermat dan teliti siswa pada saat membaca teks bacaan.
§
Pengetahuan tentang suku bangsa yang ada di Indonesia.
§
Keterampilan siswa dalam menuliskan dan menceritakan
informasi baru yang mereka temukan dari teks bacaan.
Catatan:
§
Kegiatan ini digunakan untuk memahamkan kepada siswa tentang
KD Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7)
§
Siswa mengamati gambar beberapa alat transportasi
tradisional menggunakan tenaga hewan dari berbagai daerah di Indonesia.
§
Siswa menceritakan alat transportasi tradisional yang pernah
ditemui, baik di daerahnya sendiri maupun dari daerah lain.
§
Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa. Jawaban yang
diharapkan adalah: saat kuda atau kerbau menarik bendi atau pedati, maka
bendi atau pedati akan bergerak (berpindah tempat).
§
Siswa melakukan percobaan gaya pada benda-benda di
sekitarnya.
§
Siswa menuliskan hasil percobaan dalam tabel pengamatan.
§
Catatan: Gaya dapat menyebabkan benda berpindah tempat. Gaya
juga dapat menyebabkan perubahan bentuk benda.
§
Siswa menuliskan bentuk-bentuk gaya yang telah dilakukan
atau dilihat, lalu membacakannya di depan kelas.
§
Siswa mengamati gambar pada Buku Siswa, lalu menentukan
macam gaya yang bekerja beserta pengaruhnya terhadap benda.
§
Jawaban yang diharapkan adalah sebagai berikut.
-
Mobil pada gambar dapat bergerak karena didorong menggunakan
kekuatan otot.
-
Lampu dapat menyala karena ada aliran listrik.
-
Jarum dapat menempel karena tarikan gaya magnet.
-
Buah jatuh dari pohon karena tarikan dari bumi.
-
Lemari mudah digeser dengan bantuan keset/kain yang
diletakkan di bawah lemari.
§
Siswa mengamati gambar-gambar kegiatan yang menggunakan gaya
otot. Selanjutnya siswa menjelaskan pengertian gaya otot dan pengaruh gaya otot
terhadap benda.
§
Siswa membaca teks tentang seni gerabah di Indonesia.
§
Dengan berdiskusi kelompok, siswa mampu menuliskan
informasiinformasi baru dalam teks. Siswa menuliskan dengan ejaan yang tepat
dan penggunaan tanda baca yang benar. Hasil yang diharapkan:
-
Sikap percaya diri siswa ketika melakukan percobaan gaya dan
saat berdiskusi.
-
Pengetahuan dan keterampilan siswa dalam membuat kesimpulan tentang
pengertian gaya dan pengaruhnya terhadap benda.
Catatan:
§
Kegiatan ini digunakan untuk memahamkan kepada siswa tentang
KD IPA (3.3 dan 4.3) dan KD bahasa indonesia (3.7 dan 4.7). Hasil kegiatan
dapat digunakan sebagai data bagi guru dan siswa untuk melihat keberhasilan
pembelajaran dan tidak harus masuk dalam buku nilai siswa .
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa
berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
G. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas 4
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas 4
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
Mengetahui,
Ka. UPT Satuan Pendidikan Formal SDN
01878
(Roma Putra, M.Pd)
NIP : 19811221 201101 1 008
|
Guru Kelas IVB
(Eva Natalia, S.Pd)
NIP : 198812182011012004
|
LAMPIRAN
H. PENILAIAN
PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Perubanan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Teliti
|
Cermat
|
Percaya Diri
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
……………
|
||||||||||||
2
|
…………….
|
||||||||||||
3
|
……………..
|
||||||||||||
dst
|
……………..
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik)
: 4
• Menuliskan kata sulit dan pokok
pikiran dalam setiap paragraf teks
bacaan.
Bentuk Penilaian: Nontes
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD Bahasa Indonesia 3.7 dan 4.7
• Melakukan pengamatan dan
berdiskusi tentang macam-macam gaya dan
pengaruhnya terhadap benda.
Bentuk Penilaian: Kinerja
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD IPA 3.3 dan 4.3.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar