RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD NEGERI
101878 KANAN I TANJUNG MORAWA
Kelas / Semester : 5 /1
Tema : Udara Bersih Bagi
Kesehatan (Tema 2)
Sub
Tema :
Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke : 5
Alokasi
waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia
No |
Kompetensi |
Indikator |
3.2 |
Mengklasifikasi
informasi yang didapat dari buku ke dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa,
mengapa, dan bagaimana |
3.2.1
Menjelaskan informasi terkait pertanyaan apa, siapa, di mana, mengapadan
bagaimana yang didapat dari buku. |
4.2 |
Menyajikan
hasil klasifikasi informasi yang didapat dari buku yang dikelompokkan dalam
aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana menggunakan
kosakata baku |
4.2.1 Menuliskan informasi terkait pertanyaan apa, siapa, di mana, mengapa dan
bagaimana yang didapat dari buku. |
Muatan : IPA
No |
Kompetensi |
Indikator |
3.2
|
Menjelaskan organ pernapasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia. |
3.2.1
Menyebutkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan organ pernapasan pada
manusia
3.2.2
Menjelaskan cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia.
|
4.2 |
Membuat
model sederhana organ pernapasan manusia |
4.2.1 Membuat
bagan penyakit yang berhubungan
dengan organ pernapasan pada manusia |
Muatan : SBdp
No |
Kompetensi |
Indikator |
3.3
|
Memahami
pola lantai dalam tari kreasi daerah |
3.3.1
Menceritakan Karya tari daerah yang menggunakan properti. |
4.3 |
Mempraktikkan
pola lantai pada gerak tari kreasi daerah |
4.3.1
Berlatih gerakan tari daerah yang menggunakan properti. |
C. TUJUAN
- Dengan menyimak penjelasan guru dan
membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi berbagai penyakit yang
berhubungan dengan organ pernapasan pada manusia.
- Dengan membaca teks dalam buku, siswa
dapat menjelaskan informasi terkait pertanyaan apa, siapa, di mana,
mengapa, dan bagaimana.
- Dengan
mempresentasikan bagan, siswa dapat menjelaskan berbagai pe-nyakit yang
berhubungan dengan organ pernapasan pada manusia.
- Dengan
menunjukkan kliping, siswa dapat menceritakan karya tari daerah yang
menggunakan properti.
- Dengan
memperhatikan gambar, video tari, atau bimbingan guru, siswa dapat
berlatih gerakan tari daerah menggunakan properti.
D. MATERI
- Organ pernapasan manusia.
- Bacaan berjudul “Penyakit pada Sistem
Pernapasan”
- Video tari
- Karya tari daerah yang menggunakan
properti.
E. PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode :
Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pembukaan |
1.
Kelas dimulai dengan
dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa 2.
Kelas dilanjutkan dengan
do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a
adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK). 3.
Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan
menfaatnya bagi tercapainya sita-cita. 4.
Menyanyikan lagu Garuda Pancasila
atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya
menanamkan semangat Nasionalisme. 5.
Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit
materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan, kebersihan,
makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan
buku guru menjelaskan tujuan kegiatan
literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut: ·
Apa yang tergambar pada sampul buku. ·
Apa judul buku ·
Kira-kira ini menceritakan tentang apa ·
Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
|
15 menit |
Inti |
A. Ayo
Membaca Ø Pada awal pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan mo-tivasi siswa. Guru mengajak siswa mengamati gambar dan narasi pada buku siswa. Ø Guru meminta siswa untuk bercerita di
depan kelas dengan percaya diri. Catatan: -
Guru
membangun suasana belajar yang menyenangkan dan menantang dengan pendekatan
interaktif. -
Apresiasi
semua cerita siswa, termasuk jika ada jawaban yang aneh. Hasil yang Diharapkan: -
Siswa
termotivasi untuk belajar lebih jauh lagi. -
Siswa
mampu bercerita di depan kelas dengan baik dan percaya diri.
B.
Ayo Menulis Ø Siswa membaca narasi pada buku siswa
kemudian membaca bacaan berjudul “Penyakit pada Sistem Pernapasan”. Kegiatan
membaca ini dapat dilakukan dengan
3 cara, sebagai berikut. 1. Cara pertama: Guru memberikan waktu selama 5 menit dan
siswa diminta membaca dalam hati. 2. Cara kedua: Guru menunjuk satu siswa untuk mem-bacakan
bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak. 3. Cara ketiga: Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa. Pada kegiatan AYO MENULIS: Guru meminta siswa untuk membuat daf-tar pertanyaan berdasarkan bacaan “Penyakit pada Sistem Pernapasan”. Siswa lalu menuliskan jawabannya pada kolom yang telah disediakan pada buku siswa.
Hasil yang Diharapkan: Ø Siswa mengetahui penyakit pada sistem pernapasan. Ø Siswa mampu menggali informasi dari bacaan. Ø Siswa mampu membuat daftar pertanyaan berdasarkan bacaan yang dibaca. Ø Siswa mampu membaca dengan baik. C. Ayo
Bercerita Ø Siswa mempersiapkan bagan atau peta pikiran mengenai penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan sesuai dengan hasil studi pustaka pada pembelajaran sebelumnya. Ø Pada kegiatan AYO, BERCERITA: siswa harus mempresentasikan hasil studi pustaka pada pembelajaran sebelumnya tentang penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan. Ø Siswa mempresentasikan hasilnya di depan kelas secara bergantian dengan kelompok lain. Ø Selama proses kegiatan berlangsung, guru
berkeliling memandu siswa-siswa yang meng alami kesulitan. Hasil yang
Diharapkan: - Siswa mampu membuat bagan atau peta pikiran berdasarkan informasi tentang penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan. - Siswa mampu melakukan presentasi di depan kelas dengan percaya diri. - Siswa memiliki kemampuan bekerja sama dalam kelompok dengan mengembangkan sikap saling menghargai pendapat, tugas, dan peran masing-masing anggota kelompok. -
Siswa
memiliki kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.
D.
Ayo Bercerita Ø
Guru menghubungkan materi dari
penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan ke materi menari. Guru
dapat menggunakan kalimat kunci, “Kebiasaan hidup sehat akan meminimalkan
kemungkinan kita terserang penyakit, termasuk penyakit pada sistem
pernapasan. Salah satu kebiasaan hidup sehat adalah dengan selalu aktif
melakukan latihan fisik. Latihan fisik tidak hanya dapat dilakukan melalui
olahraga, tetapi juga dapat dilakukan dengan menari.” Ø Guru lalu mengajak siswa untuk mengamati
gambar karya tari daerah yang menggunakan properti pada buku siswa. Ø Guru lalu mengingatkan siswa tentang
kliping tari daerah pada pembelajaran sebelumnya. Ø Pada kegiatan AYO BERCERITA: siswa
diminta untuk memperlihatkan dan men
ceritakan kliping hasil buatannya di depan kelompok-kelompok lain. Ø Setelah bercerita, siswa mengamati
gambar gerakan tari Piring pada buku siswa. Hasil yang Diharapkan: -
Siswa
mengetahui tari daerah yang meng
guna kan properti. -
Siswa
mampu mempresentasikan klipingnya dengan percaya diri. -
Siswa
mengetahui gerakan tari Piring. -
Siswa
memiliki kemampuan bekerja sama dalam kelompok dengan mengembangkan sikap
saling menghargai pendapat, tugas, dan peran masing-masing anggota kelompok. -
Siswa
memiliki kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.
E.
Ayo Renungkan Ø Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa:
“Apa yang akan kamu lakukan supaya terhindar dari berbagai penyakit pada
sistem pernapasan?” Ø Secara mandiri siswa diminta untuk
menuliskan jawabannya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama
kegiatan pembelajaran berlangsung. Ø Guru mengidentifikasi dan menganalisis
jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman
siswa mengenai penyakit pada sistem pernapasan.
Catatan: Ø Kegiatan ini merupakan media untu
mengukur seberapa banyak materi yang sudah dipelajari dan dipahami siswa.Pada
aktivitas ini lebih ditekankan pada sikap siswa setelah mempelajari
materi.Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini, guru dapat memberikan
REMEDIAL dan PENGAYAAN sesuai dengan tingkat pencapaian masing-masing siswa.
Hasil yang Diharapkan: - Siswa mengetahui penyakit pada sistem
pernapasan. - Siswa mengetahui cara mencegah penyakit
pada sistem pernapasan.
F.
Kerja Sama dengan Orang Tua Ø Siswa berdiskusi dengan keluarganya
me ngenai cara pencegahan penyakit
pernapasan yang dilakukan di rumah. Hasil yang Diharapkan: -
Siswa
mampu berdiskusi dengan keluarga dan dapat mencegah penyakit pernapasan di
rumah. |
140 menit |
|
||
Penutup |
1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 3. Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.. 4. Penugasan dirumah ·
Untuk
mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat berbagai peran dan tugas dengan orang
tuanya. 5. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk
menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi. 6. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh
salah satu siswa. |
15 menit |
G. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil
pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi
peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan
kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap
materi ini dapat dilakukan sesuai
kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek
dengan rubric penilaian sebagai berikut.
Rubrik Menulis Pertanyaan berdasarkan bacaan “Penyakit pada
Sistem Pernapasan”
H. SUMBER
DAN MEDIA
- Buku
Pedoman Guru Tema 1 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
- Buku Sekolahnya Manusia, Munif
Khotif.
- Software Pengajaran
SD/MI untuk kelas 5 semester 1 dari JGC/SCI Media.
- lingkungan di software JGC
- Teks bacaan, media (surat
kabar/koran), lingkungan.
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Tanjung Morawa, Juli 2019 Mengetahui, Ka. UPT SPF
Guru Kelas V SD
NEGERI
( ) ( ) NIP. NIP. |
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar