Sabtu, 13 Juni 2020

RPP ADIWIYATA




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

(RPP) 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan      :  SD NEGERI 101878 KANAN I TANJUNG MORAWA

Kelas / Semester          :  5 /1

Tema                           :  Udara Bersih Bagi Kesehatan (Tema 2)

Sub Tema                    :  Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan (Sub Tema 2)

Pembelajaran ke          :  5

Alokasi waktu             :  1 Hari

 

A.    KOMPETENSI INTI

  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

 

Muatan : Bahasa Indonesia

No

Kompetensi

Indikator

3.2

Mengklasifikasi informasi yang didapat dari buku ke dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana

 

3.2.1 Menjelaskan informasi terkait

pertanyaan apa, siapa, di mana, mengapadan bagaimana yang didapat dari buku.

 

4.2 

Menyajikan hasil klasifikasi informasi yang didapat dari buku yang dikelompokkan dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana menggunakan kosakata baku

4.2.1   Menuliskan informasi terkait

pertanyaan apa, siapa, di mana, mengapa dan bagaimana yang didapat dari buku.

 

Muatan : IPA

No

Kompetensi

Indikator

3.2

 

 

 

 

 

Menjelaskan organ pernapasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia.

 

3.2.1 Menyebutkan berbagai penyakit

yang berhubungan dengan organ pernapasan pada manusia

 

3.2.2 Menjelaskan cara memelihara

kesehatan organ pernapasan manusia.

 

4.2

Membuat model sederhana organ pernapasan manusia

4.2.1 Membuat bagan penyakit yang

berhubungan dengan organ pernapasan pada manusia

 

Muatan : SBdp

No

Kompetensi

Indikator

3.3 

 

 

Memahami pola lantai dalam tari kreasi daerah

 

3.3.1 Menceritakan Karya tari daerah

yang menggunakan properti.

4.3 

Mempraktikkan pola lantai pada gerak tari kreasi daerah

4.3.1 Berlatih gerakan tari daerah yang

menggunakan properti.

 

C.    TUJUAN

  1. Dengan menyimak penjelasan guru dan membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan organ pernapasan pada manusia.
  2. Dengan membaca teks dalam buku, siswa dapat menjelaskan informasi terkait pertanyaan apa, siapa, di mana, mengapa, dan bagaimana.
  3. Dengan mempresentasikan bagan, siswa dapat menjelaskan berbagai pe-nyakit yang berhubungan dengan organ pernapasan pada manusia.
  4. Dengan menunjukkan kliping, siswa dapat menceritakan karya tari daerah yang menggunakan properti.
  5. Dengan memperhatikan gambar, video tari, atau bimbingan guru, siswa dapat berlatih gerakan tari daerah menggunakan properti.

 

D.    MATERI

  1. Organ pernapasan manusia.
  2. Bacaan berjudul “Penyakit pada Sistem Pernapasan”
  3. Video tari
  4. Karya tari daerah yang menggunakan properti.

 

E.     PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan          : Scientific

Strategi                 : Cooperative Learning

Teknik                  : Example Non Example

Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pembukaan

1.      Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa

2.      Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).

3.      Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.

4.      Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.

5.      Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:

·         Apa yang tergambar pada sampul buku.

·         Apa judul buku

·         Kira-kira ini menceritakan tentang apa

·         Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini

 

15 menit

Inti

A.    Ayo Membaca

Ø  Pada awal pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan mo-tivasi siswa. Guru mengajak siswa mengamati gambar dan narasi pada buku siswa.

Ø  Guru meminta siswa untuk bercerita di depan kelas dengan percaya diri.

Catatan:

-        Guru membangun suasana belajar yang menyenangkan dan menantang dengan pendekatan interaktif.

-        Apresiasi semua cerita siswa, termasuk jika ada jawaban yang aneh.

Hasil yang Diharapkan:

-        Siswa termotivasi untuk belajar lebih jauh lagi.

-        Siswa mampu bercerita di depan kelas dengan baik dan percaya diri.

 

B.     Ayo Menulis

Ø  Siswa membaca narasi pada buku siswa kemudian membaca bacaan berjudul “Penyakit pada Sistem Pernapasan”. Kegiatan membaca ini dapat dilakukan dengan 3 cara, sebagai berikut.

1.  Cara pertama:

Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.

2.      Cara kedua:

Guru menunjuk satu siswa untuk mem-bacakan bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak.

3.      Cara ketiga:

Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.

Pada kegiatan AYO MENULIS:  Guru meminta siswa untuk membuat daf-tar pertanyaan berdasarkan bacaan “Penyakit pada Sistem Pernapasan”. Siswa lalu menuliskan jawabannya pada kolom yang telah disediakan pada buku siswa.

 

Hasil yang Diharapkan:

Ø  Siswa mengetahui penyakit pada sistem pernapasan.

Ø  Siswa mampu menggali informasi dari bacaan.

Ø  Siswa mampu membuat daftar pertanyaan berdasarkan bacaan yang dibaca.

Ø  Siswa mampu membaca dengan baik.

 

C.    Ayo Bercerita

Ø  Siswa mempersiapkan bagan atau peta pikiran mengenai penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan sesuai dengan hasil studi pustaka pada pembelajaran sebelumnya.

Ø  Pada kegiatan AYO, BERCERITA: siswa harus mempresentasikan hasil studi pustaka pada pembelajaran sebelumnya tentang penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan.

Ø  Siswa mempresentasikan hasilnya di depan kelas secara bergantian dengan kelompok lain.

Ø  Selama proses kegiatan berlangsung, guru berkeliling memandu siswa-siswa yang meng  alami kesulitan.

Hasil yang Diharapkan:

-        Siswa mampu membuat bagan atau peta pikiran berdasarkan informasi tentang penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan.

-        Siswa mampu melakukan presentasi di depan kelas dengan percaya diri.

-        Siswa memiliki kemampuan bekerja sama dalam kelompok dengan mengembangkan sikap saling menghargai pendapat, tugas, dan peran masing-masing anggota kelompok.

-        Siswa memiliki kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.

 

D.    Ayo Bercerita

Ø  Guru menghubungkan materi dari penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan ke materi menari. Guru dapat menggunakan kalimat kunci, “Kebiasaan hidup sehat akan meminimalkan kemungkinan kita terserang penyakit, termasuk penyakit pada sistem pernapasan. Salah satu kebiasaan hidup sehat adalah dengan selalu aktif melakukan latihan fisik. Latihan fisik tidak hanya dapat dilakukan melalui olahraga, tetapi juga dapat dilakukan dengan menari.”

Ø  Guru lalu mengajak siswa untuk mengamati gambar karya tari daerah yang menggunakan properti pada buku siswa.

Ø  Guru lalu mengingatkan siswa tentang kliping tari daerah pada pembelajaran sebelumnya.

Ø  Pada kegiatan AYO BERCERITA: siswa diminta untuk memperlihatkan dan men  ceritakan kliping hasil buatannya di depan kelompok-kelompok lain.

Ø  Setelah bercerita, siswa mengamati gambar gerakan tari Piring pada buku siswa.

Hasil yang Diharapkan:

-        Siswa mengetahui tari daerah yang meng  guna  kan properti.

-        Siswa mampu mempresentasikan klipingnya dengan percaya diri.

-        Siswa mengetahui gerakan tari Piring.

-        Siswa memiliki kemampuan bekerja sama dalam kelompok dengan mengembangkan sikap saling menghargai pendapat, tugas, dan peran masing-masing anggota kelompok.

-        Siswa memiliki kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.

 

E.     Ayo Renungkan

Ø  Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: “Apa yang akan kamu lakukan supaya terhindar dari berbagai penyakit pada sistem pernapasan?”

Ø  Secara mandiri siswa diminta untuk menuliskan jawabannya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.

Ø  Guru mengidentifikasi dan menganalisis jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa mengenai penyakit pada sistem pernapasan.

 

Catatan:

Ø  Kegiatan ini merupakan media untu mengukur seberapa banyak materi yang sudah dipelajari dan dipahami siswa.Pada aktivitas ini lebih ditekankan pada sikap siswa setelah mempelajari materi.Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini, guru dapat memberikan REMEDIAL dan PENGAYAAN sesuai dengan tingkat pencapaian masing-masing siswa.

 

Hasil yang Diharapkan:

-     Siswa mengetahui penyakit pada sistem pernapasan.

-     Siswa mengetahui cara mencegah penyakit pada sistem pernapasan.

 

F.     Kerja Sama dengan Orang Tua

Ø  Siswa berdiskusi dengan keluarganya me  ngenai cara pencegahan penyakit pernapasan yang dilakukan di rumah.

Hasil yang Diharapkan:

-        Siswa mampu berdiskusi dengan keluarga dan dapat mencegah penyakit pernapasan di rumah.

 

140 menit

 

Penutup

1.      Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

2.      Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

3.      Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..

4.      Penugasan dirumah

·         Untuk mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat berbagai peran dan tugas dengan orang tuanya.

5.      Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.

6.      Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

15 menit

 

 

 

G.    PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rubrik Menulis Pertanyaan berdasarkan bacaan “Penyakit pada Sistem Pernapasan”

 

H.    SUMBER DAN  MEDIA

  1. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
  2. Buku Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
  3. Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 5 semester 1 dari JGC/SCI Media.
  4. lingkungan di software JGC
  5. Teks bacaan, media (surat kabar/koran), lingkungan.

 

 

 

Catatan Guru

1. Masalah                   :……….

2. Ide Baru                  :………..

3. Momen Spesial        :………….

 

 

 

                                                                                             Tanjung Morawa,         Juli 2019

Mengetahui,                                                                           

Ka. UPT SPF                                                                       Guru Kelas V

SD NEGERI 

 

 

 

 

 

(                                                 )                                         (                                         )

NIP.                                                                                    NIP. 

 

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  3.1.a.7. Demontrasi Kontekstual - Pengambilan Keputusan sebagai pemimpin pembelajaran Disusun oleh :   Eva Natalia CGP Angkatan 4 Ka...