RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN 101878 Kanan 1
Kelas / Semester
: IV (Empat) / 2
Tema 6 : Cita-Citaku
Sub Tema 1 : Aku dan Cita-Citaku
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.6 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan
secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
4.6 Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal,
intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
Indikator :
3.6.1
Mengamati ciri-ciri puisi.
4.6.1
Membuat kesimpulan tentang ciri-ciri puisi.
IPA
3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.
4.2 Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.
Indikator :
3.2.1
Mengidentifikasi siklus makhluk hidup.
4.2.1
Membuat skema tahapan pertumbuhan hewan dan tumbuhan.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melalui kegiatan
mengamati dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasikan ciri-ciri puisi
dengan benar.
2.
Melalui kegiatan membuat
kesimpulan, siswa dapat menyajikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri puisi
secara terperinci.
3.
Melalui kegiatan
melakukan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi siklus makhluk hidup
yang ada di sekitarnya dengan baik.
4.
Melalui kegiatan
menyusun gambar tahapan pertumbuhan hewan dan tumbuhan, siswa mampu
membuat skema siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan
benar.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
§ Mengidentifikasikan
ciri-ciri puisi.
§ Menyajikan hasil
pengamatan tentang ciri-ciri puisi.
§ Mengidentifikasi siklus
makhluk hidup yang ada di sekitarnya.
§ Menyusun gambar tahapan pertumbuhan hewan dan tumbuhan, dan
membuat skema siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya.
E. METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan :
Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan
tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang
”Cita-Citaku”.
¡
Guru
menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
Kegiatan Pembuka
¡
Siswa mengamati gambar
yang terdapat pada halaman 1 tentang seorang anak yang sedang
membayangkan cita-citanya. Dengan bimbingan guru siswa membahas tentang
berbagai pekerjaan yang menjadi cita-cita antara lain menjadi
seorang guru, arsitek, dokter hewan, penyanyi, dan pilot.
¡
Guru mengaitkan
kegiatan ini dengan judul tema Cita-Citaku dan judul Subtema Aku dan Cita-Citaku
¡
Guru dapat memberikan
beberapa pertanyaan untuk menstimulus ketertarikan siswa tentang topik Cita-Citaku.
Pertanyaan:
- Apakah yang dimaksud dengan cita-cita?
- Apakah kamu memiliki cita-cita?
- Apakah cita-citamu?
¡
Siswa mengamati
beberapa gambar kegiatan yang dilakukan oleh berbagai profesi.
Siswa lalu mencoba mengidentifikasi keahlian-keahlian yang dibutuhkan oleh
profesi tersebut sesuai dengan bidangnya. Siswa menuliskan keahlian-keahlian
tersebut di kolom yang tersedia pada setiap gambar.
¡
Siswa kemudian
menuliskan pada kolom yang terdapat pada halaman 3 tentang pekerjaan yang menjadi
cita-citanya serta menuliskan kegiatan-kegiatan yang dilakukan profesi yang
dipilihnya tersebut.
¡
Siswa membaca teks
puisi berjudul “Citacitaku”. Dengan bimbingan guru, siswa mencoba mengidentifikasi
ciri-ciri puisi. Guru membimbing siswa untuk berdiskusi dalam kelompok dan
menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang disediakan untuk menemukan ciri-ciri puisi.
¡
Siswa menyajikan hasil
pengamatannya dan hasil diskusinya dalam bentuk sebuah kesimpulan tentang
ciri-ciri puisi.
¡
Kegiatan ini digunakan
sebagai kegiatan untuk memahamkan kepada siswa tentang
ciri-ciri puisi (Bahasa Indonesia KD 3.6 dan 4.6)
¡
Siswa mengamati
bagian-bagian puisi yang terdapat pada halaman 5. Siswa lalu menuliskan bagian-bagian puisi tersebut menjadi sebuah bait
puisi dan menuliskannya pada kolom yang terdapat pada halaman yang sama.
¡
Siswa membaca dan
memahami teks informasi tentang cita-cita mulia menjadi seorang dokter hewan.
Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang profesi menjadi seorang dokter
hewan serta tugas-tugas seorang dokter hewan.
¡
Siswa mengamati
beberapa gambar hewan peliharaan yang terdapat pada halaman 6. Siswa mengamati gambar anak-anak hewan dan hewan yang sudah
dewasa. Dengan bimbingan guru, siswa lalu mendiskusikan bagaimana hewan-hewan
tersebut mengalami pertumbuhan.
|
35 Menit
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡ Melakukan penilaian hasil belajar
¡ Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
G. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Cita-Citaku Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Cita-Citaku Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
Mengetahui
Ka. UPT SPF SDN
(Roma Putra, M.Pd)
NIP :
|
Guru Kelas IV
(Eva Natalia, S.Pd)
NIP :
|
Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Perubanan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Teliti
|
Cermat
|
Percaya Diri
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
|||||||||||||
Dst
|
……………..
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
1. Membuat Kesimpulan dari Pengamatan dan Diskusi
Bentuk penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: rubrik
KD Bahasa Indonesia 3.6 dan 4.6
Tujuan Kegiatan Penilaian:
-
Mengukur pengetahuan siswa dalam
mengidentifikasi ciri-ciri puisi.
Aspek
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Pendampingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
tentang ciri-ciri
puisi
|
Menyebutkan
dengan benar
semua ciri puisi.
|
Menyebutkan 3
ciri puisi dengan
benar.
|
Menyebutkan 2
ciri puisi dengan
benar.
|
Hanya dapat
menyebutkan 1 ciri
puisi.
|
Keterampilan
menuliskan
hasil kesimpulan
pengamatan dan
diskusi tentang
ciri-ciri puisi
dengan benar
dan bahasa yang
runtut
|
Menuliskan semua
ciri-ciri puisi
dengan benar dan
runtut.
|
Menuliskan 3 ciriciri
puisi dengan
bahasa yang
runtut .
|
Menuliskan
dengan benar 2
ciri-ciri puisi dan
bahasa kurang
runtut.
|
Menuliskan
dengan benar
1 ciri-ciri puisi
dengan bahasa
kurang runtut.
|
2.
Menyusun Tahapan Perkembangan Hewan
Bentuk penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: daftar periksa/rubrik
KD IPA 3.2 dan 4.2
Tujuan Kegiatan Penilaian:
- Mengukur pemahaman siswa
tentang tahapan perkembangan hewan.
- Mengembangkan keterampilan
siswa dalam membuat skema siklus hidup makhluk hidup.
Aspek
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Pendampingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
tentang tahapan
pertumbuhan
hewan.
|
Mampu menyusun
4 gambar tahapan
pertumbuhan
hewan dengan
sangat tepat.
|
Mampu menyusun
3 gambar tahapan
pertumbuhan
hewan dengan
tepat.
|
Mampu menyusun
2 gambar tahapan
pertumbuhan
hewan.
|
Tidak mampu
menyusun
tahapan
pertumbuhan
hewan dengan
tepat.
|
Keterampilan
menyajikan
kesimpulan
tentang tahapan
pertumbuhan
hewan.
|
Kesimpulan ditulis
dengan tepat dan
meliputi 4 tahapan
sesuai dengan
gambar.
|
Kesimpulan ditulis
dengan tepat
meliputi 3 tahapan
sesuai dengan
gambar.
|
Kesimpulan ditulis
dengan tepat
meliputi 2 tahapan
sesuai dengan
gambar.
|
Kesimpulan ditulis
dengan kurang
tepat dan tidak
meliputi tahapan
sesuai dengan
gambar.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar