Sabtu, 13 Juni 2020

RPP TEMA 6 SEMESTER II KELAS IV SD




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan          :     SDN 101878 Kanan 1
Kelas / Semester              :     IV (Empat) / 2
Tema 6                             :     Cita-Citaku
Sub Tema 1                      :     Aku dan Cita-Citaku
Pembelajaran                  :     1
Alokasi Waktu                 :     1 Hari

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.6 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
4.6 Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
Indikator :
3.6.1        Mengamati ciri-ciri puisi.
4.6.1  Membuat kesimpulan tentang ciri-ciri puisi.

IPA
3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.
4.2 Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.  
Indikator :
3.2.1        Mengidentifikasi siklus makhluk hidup.
4.2.1        Membuat skema tahapan pertumbuhan hewan dan tumbuhan.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasikan ciri-ciri puisi dengan benar.
2.      Melalui kegiatan membuat kesimpulan, siswa dapat menyajikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri puisi secara terperinci.
3.      Melalui kegiatan melakukan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan baik.
4.      Melalui kegiatan menyusun gambar tahapan pertumbuhan hewan dan tumbuhan, siswa mampu membuat skema siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan benar.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
§  Mengidentifikasikan ciri-ciri puisi.
§  Menyajikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri puisi.
§  Mengidentifikasi siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya.
§  Menyusun gambar tahapan pertumbuhan hewan dan tumbuhan, dan membuat skema siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya.

E.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan        : Saintifik
¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangCita-Citaku”.
¡  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
Kegiatan Pembuka
¡  Siswa mengamati gambar yang terdapat pada halaman 1 tentang seorang anak yang sedang membayangkan cita-citanya. Dengan bimbingan guru siswa membahas tentang berbagai pekerjaan yang menjadi cita-cita antara lain menjadi seorang guru, arsitek, dokter hewan, penyanyi, dan pilot.
¡  Guru mengaitkan kegiatan ini dengan judul tema Cita-Citaku dan judul Subtema Aku dan Cita-Citaku
¡  Guru dapat memberikan beberapa pertanyaan untuk menstimulus ketertarikan siswa tentang topik Cita-Citaku.
Pertanyaan:
-       Apakah yang dimaksud dengan cita-cita?
-       Apakah kamu memiliki cita-cita?
-       Apakah cita-citamu?
¡  Siswa mengamati beberapa gambar kegiatan yang dilakukan oleh berbagai profesi. Siswa lalu mencoba mengidentifikasi keahlian-keahlian yang dibutuhkan oleh profesi tersebut sesuai dengan bidangnya. Siswa menuliskan keahlian-keahlian tersebut di kolom yang tersedia pada setiap gambar.
¡  Siswa kemudian menuliskan pada kolom yang terdapat pada halaman 3 tentang pekerjaan yang menjadi cita-citanya serta menuliskan kegiatan-kegiatan yang dilakukan profesi yang dipilihnya tersebut.
¡  Siswa membaca teks puisi berjudul “Citacitaku”. Dengan bimbingan guru, siswa mencoba mengidentifikasi ciri-ciri puisi. Guru membimbing siswa untuk berdiskusi dalam kelompok dan menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang disediakan untuk menemukan ciri-ciri puisi.
¡  Siswa menyajikan hasil pengamatannya dan hasil diskusinya dalam bentuk sebuah kesimpulan tentang ciri-ciri puisi.
¡  Kegiatan ini digunakan sebagai kegiatan untuk memahamkan kepada siswa tentang ciri-ciri puisi (Bahasa Indonesia KD 3.6 dan 4.6)
¡  Siswa mengamati bagian-bagian puisi yang terdapat pada halaman 5. Siswa lalu menuliskan bagian-bagian puisi tersebut menjadi sebuah bait puisi dan menuliskannya pada kolom yang terdapat pada halaman yang sama.
¡  Siswa membaca dan memahami teks informasi tentang cita-cita mulia menjadi seorang dokter hewan. Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang profesi menjadi seorang dokter hewan serta tugas-tugas seorang dokter hewan.
¡  Siswa mengamati beberapa gambar hewan peliharaan yang terdapat pada halaman 6. Siswa mengamati gambar anak-anak hewan dan hewan yang sudah dewasa. Dengan bimbingan guru, siswa lalu mendiskusikan bagaimana hewan-hewan tersebut mengalami pertumbuhan.

35 Menit
Penutup
¡  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡  Melakukan penilaian hasil belajar
¡  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit

G.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡   Buku Pedoman Guru Tema : Cita-Citaku Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡   Buku Siswa Tema : Cita-Citaku Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
Mengetahui
Ka. UPT SPF SDN



(Roma Putra, M.Pd)
            NIP :

Guru Kelas IV




(Eva Natalia, S.Pd)
         NIP :








I. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanan Tingkah Laku
Teliti
Cermat
Percaya Diri
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1













Dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4
1. Membuat Kesimpulan dari Pengamatan dan Diskusi
Bentuk penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: rubrik
KD Bahasa Indonesia 3.6 dan 4.6
Tujuan Kegiatan Penilaian:
-        Mengukur pengetahuan siswa dalam mengidentifikasi ciri-ciri puisi.

Aspek
Sangat Baik
Baik
Cukup
Perlu Pendampingan
4
3
2
1
Pengetahuan
tentang ciri-ciri
puisi
Menyebutkan
dengan benar
semua ciri puisi.
Menyebutkan 3
ciri puisi dengan
benar.
Menyebutkan 2
ciri puisi dengan
benar.
Hanya dapat
menyebutkan 1 ciri
puisi.
Keterampilan
menuliskan
hasil kesimpulan
pengamatan dan
diskusi tentang
ciri-ciri puisi
dengan benar
dan bahasa yang
runtut
Menuliskan semua
ciri-ciri puisi
dengan benar dan
runtut.
Menuliskan 3 ciriciri
puisi dengan
bahasa yang
runtut .
Menuliskan
dengan benar 2
ciri-ciri puisi dan
bahasa kurang
runtut.
Menuliskan
dengan benar
1 ciri-ciri puisi
dengan bahasa
kurang runtut.

2. Menyusun Tahapan Perkembangan Hewan
Bentuk penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: daftar periksa/rubrik
KD IPA 3.2 dan 4.2
Tujuan Kegiatan Penilaian:
-  Mengukur pemahaman siswa tentang tahapan perkembangan hewan.
-  Mengembangkan keterampilan siswa dalam membuat skema siklus hidup makhluk    hidup.

Aspek
Sangat Baik
Baik
Cukup
Perlu Pendampingan
4
3
2
1
Pengetahuan
tentang tahapan
pertumbuhan
hewan.
Mampu menyusun
4 gambar tahapan
pertumbuhan
hewan dengan
sangat tepat.
Mampu menyusun
3 gambar tahapan
pertumbuhan
hewan dengan
tepat.
Mampu menyusun
2 gambar tahapan
pertumbuhan
hewan.
Tidak mampu
menyusun
tahapan
pertumbuhan
hewan dengan
tepat.
Keterampilan
menyajikan
kesimpulan
tentang tahapan
pertumbuhan
hewan.
Kesimpulan ditulis
dengan tepat dan
meliputi 4 tahapan
sesuai dengan
gambar.
Kesimpulan ditulis
dengan tepat
meliputi 3 tahapan
sesuai dengan
gambar.
Kesimpulan ditulis
dengan tepat
meliputi 2 tahapan
sesuai dengan
gambar.
Kesimpulan ditulis
dengan kurang
tepat dan tidak
meliputi tahapan
sesuai dengan
gambar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  3.1.a.7. Demontrasi Kontekstual - Pengambilan Keputusan sebagai pemimpin pembelajaran Disusun oleh :   Eva Natalia CGP Angkatan 4 Ka...